Upaya Menghijaukan Bumi Bersama 33.000 Pohon

  • Share
FIFGROUP Gelar Penanaman Pohon di Kelurahan Katongan, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. (Foto:Dok.FIFGROUP)

GunungkidulPost.com – WONOSARI – PT Federal International Finance (FIF Group) kembali mengadakan kegiatan FIF Group Hijaukan Bumi. Kegiatan ini masih bagian dari rangkaian peringatan Kemilau Hari Ulang Tahun FIF Group ke-33 tahun.

Dengan kegiatan ini, FIF Group berinisiatif untuk turut mendukung pemerintah dalam upaya menghijaukan dan mempromosikan wisata Indonesia melalui sarana dan prasarana dengan menanam pohon.

Dalam relisnya, FIF berkeinginan sekali melihat tapak-tapak kecil melangkah dan berlarian di atas rerumputan hijau dan menikmati hembusan angin yang sejuk dari antara dedaunan pohon.

Itulah yang akhirnya menjadi dasar dari keinginan FIFGROUP terus berkontribusi menjaga lingkungan melalui program FIFGROUP Hijaukan Bumi, dengan menanam sebanyak 33.000 bibit pohon di sejumlah titik di Indonesia sepanjang 2022.

SDGs dan ESG
Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya mengatakan, sebenarnya dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang, FIFGROUP telah melaksanakan berbagai upaya untuk menjaga dan memelihara alam serta lingkungan, yaitu sejak 2011 – Mei 2021, dengan menanam sebanyak 80.564 pohon dan akan mencapai lebih dari 113.000 di akhir tahun 2022.

Salah satu ancaman terutama dari minimnya keberadaan pohon adalah pemanfaatan yang berlebihan dan tidak diimbangi dengan penanaman secara nyata. Hal itu, Seperti yang telah dilakukan FIFGROUP Cabang Yogyakarta 3 yang kembali mengadakan kegiatan penanaman pohon.

“Kita sudah mengadakan penanaman pohon sebagai wujud nyata dan bermanfaat. Sebelumnya, di tahun 2021, FIFGROUP Yogyakarta 3 turut berkontribusi dalam kegiatan penanaman pohon endemik yaitu ketapang serentak di 55 titik se-Indonesia. Dan kali ini, di bulan Maret 2022, Yogyakarta 3 menanam 700 pohon serentak bersama dengan 7 titik lokasi cabang lainnya seperti Kupang, Pamekasan, Rengat, Selong, Situbondo, Tanjung, dan Pontianak,” kata Margono.

Menurut dia, kegiatan ini mendapatkan sambutan yang positif dari berbagai kalangan yang turut serta mendukung seluruh kegiatan tanam pohon di masing-masing titik lokasi cabang. Mulai dari dinas lingkungan hidup, pemerintah setempat, dinas pariwisata, dan juga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) setempat.

“Kegiatan tanam pohon ini dilakukan sebagai upaya FIFGROUP dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang climate action (penanganan perubahan cuaca) dan nomor 15 tentang life on land (menjaga ekosistem darat), serta mendukung Environmental, Social & Governance (ESG) nomor 5 yaitu biodiversity.” terangnya.

Mendukung pernyataan Margono, Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati mengatakan, Mulai dari awal tahun, telah dilakukan kegiatan tanam pohon di 2 tahap. Tahap 1 penanaman sebanyak 3.300 pohon dan tahap 2 sebanyak 3.300 pohon sehingga total sampai dengan Februari 2022 ada 6.600 pohon atau sudah berjalan 20% dari rencana program yang berjumlah 33.000, di 17 titik wilayah Indonesia pada tanggal 21 Januari 2022 dan 19 Februari 2022 lalu.

“Total akan ada 10 tahap kegiatan tanam pohon sepanjang tahun 2022 untuk sambut HUT Kemilau ke-33 tahun FIFGROUP,” ucapnya.

Semakin Indah dan Rindang
Total ada 8 titik lokasi dalam kegiatan tanam pohon selama bulan Maret 2022, diantaranya Kupang 500 pohon, Pamekasan 350 pohon, Rengat 500 pohon, Selong 250 pohon, Situbondo 600 pohon, Tanjung 500 pohon, dan Pontianak 500 pohon. Dan untuk Yogyakarta sebanyak 700 pohon dilakukan pada Rabu, 16 Maret 2022 yang berlokasi di Dukuh Kepuhsari Desa Katongan Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. Dan ini kali kedua lokasi tersebut diadakan kegiatan tanam pohon.

Penanaman 700 pohon yang terdiri dari 20 pohon mangga, 220 pohon sengon, 200 pohon sirsak, 100 pohon pulai, 120 pohon jambu dan 40 pohon nangka tersebut, dihadiri oleh Kepala Wilayah Area DIY Roy Paham Manurung, dan didampingi Kepala Cabang FIFGROUP Yogyakarta 3 Ridho, Marketing Manager Used Financing (UFI) Wiweko, Marketing Manager New Motor Cycle (NMC) Mohammad Saifudin, Kepala Kecamatan (Camat) Nglipar Muhamad Irawan Septyanto, SH, Msi, Kepala Kelurahan (Lurah) Jumawan, Babinkamtibmas Aiptu Suparyoto, dan Babinsa Serda M Tashor.

Terpisah, Camat Muhamad Irawan mengatakan, Gunungkidul merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya di lokasi Wisata Puntuk Kepuh, Kepuhsari, Katongan, Nglipar ini.

Menurut dia, dengan adanya penanaman 700 pohon dapat menambah pesona keindahan dan rasa nyaman karena rindangnya pepohonan di sini serta menumbuhkan sikap menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Terima kasih banyak atas inisiatif dan kegiatan mulia ini. Kami akan selalu berupaya untuk menjaga keberlangsungan serta perkembangan pohon-pohon di lokasi wisata ini. Pengelolaan lahan wisata ini diserahkan kepada warga dan sudah mendapat izin dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul,” tutupnya. (Ant)

  • Share
Exit mobile version