Bangkitnya Musik Gunungkidul Melalui Handayani Nyawiji

  • Share
Pentas Musik Handayani Nyawiji di Panggung Mrikiniki. (Foto: GKPost)
Pentas Musik Handayani Nyawiji di Panggung Mrikiniki. (Foto: GKPost)

Gunungkidulpost.com – WONOSARI – Komunitas seniman muda Gunungkidul yang tergabung dalam bendera “Kota Lama” melaunching Single and video clip berjudul ‘Handayani Nyawiji’.

Acara yang digelar, Sabtu (29/8/2020) malam di Panggung Angkringan Mrikiniki, Wonosari tersebut mampu menggebrak sekaligus membangkitkan komunitas musisi muda di Kabupaten Gunungkidul untuk tetap berkarya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, pegiat seniman Gunungkidul Lukas Priyo Arintoko, Musisi Gunungkidul Eric, dan para musisi muda Gunungkidul.

Dilaunchingnya single and video clip berjudul ‘Handayani Nyawiji’ ini merupakan hasil karya seniman muda Gunungkidul yang peduli akan kebangkitannya dalam menyalurkan hobinya bermusik.

“Awal pembuatan wadah komunitas ini berawal dari teman-teman nongkrong disebuah kedai kopi. Dari situlah kami merasakan hal yang sama yakni merasa di Gunungkidul ini miskin event kegiatan seperti bermusik, akhirnya kami memutuskan untuk membuat komunitas dan acara seperti ini,” kata Penanggungjawab Kota Lama, Irkham saat ditemui Gunungkidulpost.

Menurut dia, selama kurun waktu beberapa tahun terakhir ini sangat jarang event musik maupun Parade Band yang digelar di Gunungkidul. Dibandingkan dengan daerah lain, Gunungkidul minim sebuah acara musik yang dikemas dan memberikan ruang terkhusus bagi remaja.

“Tiga empat tahun terakhir ini Gunungkidul miskin event band yang memberikan ruang tersendiri bagi kaum remaja. Entah mengapa, seperti Event Organizer maupun komunitas musik terkesan tak memiliki ruang untuk menyelenggarakan acara seperti pementasan band dll,” ujarnya.

Ia berharap, acara ini menjadi titik awal untuk kebangkitan musik di Gunungkidul. Sehingga kedepan event musik bangkit berkembang dan mampu memunculkan musisi muda dibumi Handayani.

“Harapan kami kedepan acara pementasan musik ini tidak lagi mati suri dan remaja lebih diberikan ruang khusus untuk menyampaikan hobi band-bandan ini dan menghasilkan karya yang terbaik,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi para remaja untuk tetap berkarya seperti dalam event bermusik.

“Adik-adik ini mengingatkan saya tiga puluh tahun yang lalu. Kala itu saya dan Mas Eric ini sama-sama terjun didunia seni kita sama-sama hobi menyanyi, melukis, dll. Nah inilah yang akan kami dorong, semangat para remaja untuk terus berjuang dalam bermusik,” katanya.

Endah mengaku, akan memberikan ruang untuk para remaja demi meningkatkan kemampuan dan bakat hobinya dalam dunia seni.

“Seni apa saja untuk kaum remaja akan kami dukung. Jangan sampai ketinggalan dengan para seniman senior. Oleh sebeb itu, kami siap mendukung seniman remaja ini terus berekspresi dan berkarya,” ungkapnya.

Pegiat Musik Gunungkidul, Eric dalam kesempatan itu mendukung penuh acara musik yang digagas oleh para remaja. Dengan adanya sebuah wadah komunitas akan mempu membangkitkan semangat bagi group band indie di Gunungkidul.

“Adanya event kedepan akan memberikan ruang bagi group-group band indie Gunungkidul. Padahal anak-anak muda disini potensial untuk maju dan berkembang dan ini harus didukung dari pihak senior maupun pemerintah daerah,” jelasnya.

Eric berharap, kedepan musik Gunungkidul kembali bangkit dan berkembang dan memiliki dukungan baik dari pihak manapun maupun pemerintah setempat.

“Kami sangat berterima kasih atas hadirnya Ibu Ketua DPRD Gunungkidul yang telah mendukung acara ini. Semoga kedepan pemerintah daerah lebih memahami dan mendukung musisi muda Gunungkidul dalam menyalurkan bakatnya yang dikemas dalam suatu acara maupun pementasan musik,” pungkasnya. (Yup)

  • Share
Exit mobile version