Jelang Vaksinasi Dinkes Lakukan Pendataan

  • Share

Gunungkidulpost.com – WONOSARI – Menjelang dilakukannya vaksinasi COVID-19 oleh Pemerintah pusat, berbagai persiapan telah dilakukan oleh
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul lewat Dinas Kesehatan (Dinkes).

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan proses pendataan warga untuk program vaksinasi tersebut.

“Saat ini kami lakukan pendataan dengan melibatkan tim dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),” kata Dewi pada wartawan, Senin (14/12/2020).

Sembari mendata, Dinkes pun merencanakan ada kelompok masyarakat yang jadi prioritas untuk vaksinasi.

Mereka terutama yang memiliki resiko tinggi dalam penularan COVID-19, sehingga kekebalan dari vaksin diperlukan.

Adapun kelompok masyarakat yang akan dijadikan prioritas adalah petugas kesehatan, petugas di pelayanan publik, hingga masyarakat dalam kategori kelompok rentan.

“Terutama mereka yang berumur 18 tahun ke atas, tapi masih ada spesifikasi lain untuk daftar prioritas itu,” jelas Dewi.

Selain pendataan warga yang masuk daftar prioritas, Dinkes Gunungkidul juga melakukan pelatihan bagi petugas kesehatan di Puskesmas.

Pelatihan berkait dengan prosedur pemberian vaksin yang aman dan benar.

Dewi menargetkan setidaknya tiap puskesmas atau fasilitas kesehatan (faskes) memiliki satu petugas pemberi vaksin.

“Pelatihan bagi petugas kesehatan masih terus kami lakukan untuk memastikan pemberian vaksin sesuai prosedur,” paparnya.

Terpisah, Bupati Gunungkidul Badingah mengingatkan agar warganya tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Hal itu dilakukan sembari menunggu proses vaksinasi dilakukan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Dan nantinya ketika vaksin telh didistribusikan dapat berjalan sesuai harapan,” pungkas Badingah. (Tnt)

  • Share